Selasa, 22 Juni 2010

Membuat adaptor yang baik

Adaptor adalah rangkaian terpenting dari barang-barang elektronik, tanpa adaptor rangkaian elektronik tak akan bisa bekerja, karena adaptor adalah nyawa dari semua komponen elektronik.
Perangkat elektronik harus didukung oleh arus searah persediaan DC ( arus searah ) yang stabil agar dapat bekerja dengan baik . Itu baterai atau baterai adalah sumber catu daya DC yang terbaik . Tapi untuk aplikasi yang membutuhkan catu daya lebih besar , sumber baterai tidak cukup . Sumber pasokan listrik adalah sumber bolak AC ( alternating current) dari pembangkit listrik. Hal ini memerlukan perangkat catu daya yang dapat mengubah arus AC ke DC .

Rangkaian Power Supplay

Sekarang tidak perlu upaya lain untuk membuat pwer supplay yang baik Anda tidak perlu mencari op -amp , transistor dan komponen lainnya , karena sirkuit ini dikemas menjadi tegangan tetap tunggal pengatur IC . Apakah sekarang secara luas diakui sebagai komponen seri 78XX tegangan tetap positif pengatur dan seri 79XX adalah tegangan pengatur tetap negatif . Bahkan komponen ini biasanya sudah dilengkapi dengan pembatas arus ( limiter berjalan) dan juga pembatas suhu ( thermal shutdown ) . Komponen ini hanya tiga pin , dan dengan menambah beberapa komponen saja bisa menjadi serangkaian peraturan power supply yang baik .
rangkaian power supplaySkema rangkaian power supplay

Hanya saja untuk dicatat bahwa IC pengatur sirkuit yang bisa bekerja , tegangan input harus lebih besar dari regulator tegangan output. Biasanya perbedaan tegangan Vin untuk VM yang direkomendasikan adalah pada datasheet komponen . Penggunaan heatshink ( Aluminium pendingin ) dianjurkan jika komponen ini digunakan untuk memasok arus besar. Dalam datasheet , komponen ini dapat melewati maksimum saat ini mencapai 1 A.

1 komentar: