Senin, 28 Juni 2010

Spectrum analyzer

Spectrum analyzer

Tujuan dari penganalisis spektrum adalah untuk menyediakan plot atau jejak sinyal amplitudo terhadap frekuensi . Layar memiliki graticule yang biasanya memiliki sepuluh besar horizontal dan vertikal sepuluh divisi utama .
Sumbu horizontal analyzer adalah linear dikalibrasi pada frekuensi dengan frekuensi yang lebih tinggi berada di sisi kanan layar. Sumbu vertikal dikalibrasi dalam amplitudo . Meskipun ada kemungkinan biasanya memilih skala linier atau logaritmik , untuk kebanyakan aplikasi skala logaritmik dipilih . Ini karena memungkinkan sinyal pada rentang yang lebih luas untuk dilihat pada penganalisa spektrum . Biasanya nilai 10 dB per divisi digunakan . skala ini biasanya dikalibrasi dalam dBm ( decibel relatif 1 milliwatt ) dan oleh karena itu mungkin untuk melihat tingkat daya mutlak serta membandingkan perbedaan tingkat antara dua sinyal . Demikian pula bila menggunakan skala linear digunakan , ini sering dikalibrasi dalam volt untuk memungkinkan pengukuran mutlak harus dilakukan dengan menggunakan penganalisis spektrum .

Pengaturan frekuensi spektrum analyzer

Untuk mengatur frekuensi penganalisis spektrum , ada dua pilihan yang dapat dibuat. Ini adalah independen satu sama lain . Seleksi pertama adalah pusat frekuensi . Seperti namanya , ini set frekuensi pusat skala dengan nilai yang dipilih . Hal ini biasanya di mana sinyal yang akan dipantau akan berada. Dengan cara ini, sinyal utama dan daerah sisi dapat dipantau . Pemilihan kedua yang dapat dilakukan pada analyzer adalah span , atau luasnya wilayah kedua sisi pusat frekuensi yang akan dilihat atau dipantau . span mungkin memberikan sebagai frekuensi yang diberikan per divisi , atau span total yang terlihat di bagian dikalibrasi layar, yaitu dalam luasan maksimum kalibrasi pada graticule tersebut . Pilihan lain yang sering tersedia adalah untuk menetapkan awal dan frekuensi scan . Ini merupakan cara lain untuk mengungkapkan span sebagai perbedaan antara mulai dan berhenti frekuensi sama dengan span .

Cara Kalibrasi

Ada banyak kontrol lain penganalisis spektrum . Sebagian besar jatuh ini menjadi salah satu dari dua kategori . Yang pertama adalah terkait dengan keuntungan atau redaman bagian dalam spektrum analyzer . Jika bagian yang kelebihan beban , maka sinyal palsu dapat dihasilkan di dalam instrumen tersebut . Jika hal ini terjadi maka pembacaan palsu akan diberikan . Untuk mencegah hal ini terjadi kita perlu memastikan bahwa tahapan input khususnya tidak kelebihan beban dan RF attenuator digunakan . Namun jika terlalu banyak atenuasi dimasukkan , keuntungan tambahan diperlukan pada tahap selanjutnya ( IF keuntungan) dan tingkat kebisingan latar belakang adalah meningkat dan sinyal tingkat ini kadang-kadang dapat topeng rendah. Jadi pilihan cermat tingkat keuntungan yang relevan dalam penganalisa spektrum diperlukan untuk mendapatkan kinerja yang optimal ..

Filter bandwidth

kontrol lain pada spektrum analyzer menentukan bandwidth unit. Ada dua kontrol utama yang digunakan :
  • IF bandwidth : IF  filter , kadang-kadang disebut sebagai resolusi bandwidth menyesuaikan resolusi penganalisa spektrum dalam hal frekuensi . Menggunakan resolusi bandwidth sempit adalah sama dengan menggunakan filter sempit pada penerima radio . Memilih filter bandwidth sempit atau resolusi pada penganalisa spektrum akan memungkinkan sinyal harus dilihat yang berdekatan. Ini juga akan mengurangi tingkat kebisingan dan memungkinkan sinyal yang lebih kecil untuk dilihat .
  • Video bandwidth : Video filter memungkinkan suatu bentuk rata-rata yang akan diterapkan pada sinyal. Hal ini memiliki efek mengurangi variasi yang disebabkan oleh kebisingan dan ini bisa membantu rata-rata sinyal dan dengan demikian mengungkapkan sinyal yang tidak mungkin hal lain yang dapat dilihat .
Penyesuaian dari IF atau bandwidth resolusi dan bandwidth filter video pada penganalisa spektrum memiliki efek pada tingkat di mana analyzer mampu untuk memindai . Kontrol harus disesuaikan sama untuk menyediakan scan yang seakurat mungkin seperti yang dijelaskan di bawah ini.

 Scan Rate

Penganalisa spektrum beroperasi dengan memindai rentang frekuensi yang diperlukan dari rendah ke tinggi akhir rentang diperlukan . Kecepatan di mana ia melakukan hal ini adalah penting . Semakin lambat scan , jelas lama waktu yang dibutuhkan untuk pengukuran harus dilakukan. Akibatnya , selalu ada kebutuhan untuk memastikan bahwa scan dibuat secepat mungkin wajar .
Namun tingkat scan penganalisa spektrum dibatasi oleh beberapa faktor :
  • IF bandwidth filter : IF bandwidth atau resolusi bandwidth memiliki efek pada tingkat di mana analyzer dapat memindai . The bandwidth sempit , semakin lambat filter akan menanggapi setiap perubahan , dan dengan demikian lambat penganalisa spektrum harus scan untuk memastikan semua sinyal yang diperlukan terlihat .
  • Video filter bandwidth : Demikian pula filter video yang digunakan untuk rata-rata sinyal seperti diuraikan di atas . Sekali lagi sempit filter , semakin lambat akan merespon dan lambat harus scan .
  • Scan bandwidth : bandwidth yang akan discan memiliki efek langsung proporsional pada waktu scan . Jika filter dalam spektrum analyzer menentukan scan rate maksimum dalam hal Hertz per detik , maka bandwidth yang lebih luas bahwa yang akan dipindai , makin lama akan scan sebenarnya .
Biasanya prosesor dalam spektrum analyzer akan memperingatkan jika tingkat scan terlalu tinggi untuk pengaturan penyaring . Hal ini sangat berguna karena memungkinkan tingkat scan untuk diperiksa tanpa melakukan perhitungan.
Juga jika pemindaian tampaknya sangat panjang, lebar awal scan dapat dilakukan , dan ini dapat diikuti oleh scan sempit pada mengidentifikasi tempat masalah .

Ringkasan

Spectrum analyzer adalah alat yang sangat berguna bagi siapa saja melihat sinyal frekuensi radio . Mereka sedikit lebih rumit daripada instrumen lain untuk digunakan, tetapi dengan sedikit Kesabaran alat ini  dapat digunakan untuk menampilkan berbagai macam informasi berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar