Kamis, 17 Juni 2010

APLIKASI LED PADA SISTEM DISPLAY DOT MATRIK SEBAGAI TRANSMITTER AUDIO

APLIKASI LED PADA SISTEM DISPLAY DOT MATRIK
SEBAGAI TRANSMITTER AUDIO
Oleh alhakim
 
tugas-akhir.jpgPapan display dot matrik berbasis LED banyak digunakan sebagai papan informasi karena memiliki efisiensi daya yang tinggi dan mampu diprogram untuk menampilkan animasi yang menarik. Papan display dot matrik banyak digunakan sebagai papan nama toko, hiasan, papan pengumuman atau informasi.
Sebagai papan informasi, display dot matrik banyak digunakan di bursa efek, toko, museum, papan informasi di jalan raya, stand pameran dan sebagainya. Fungsi utama display dot matrik di bursa efek, museum, dan jalan raya adalah sebagai papan informasi. Sedangkan di toko dan stand pameran, selain sebagai papan informasi juga sebagai penarik perhatian para pengunjung.
Biasanya stand pameran menggunakan pengeras suara untuk memberikan informasi atau mempromosikan produknya kepada pengunjung. Jika dalam suatu pameran terdiri dari banyak stand dan semua menggunakkan pengeras suara maka kebisingan dalam ruangan tidak dapat dihindarkan.
Kendala yang terjadi di stand pameran tersebut dapat diatasi dengan cara mengintegrasikan audio (yang semula dihubungkan ke pengeras suara) ke dalam sistem display dot matrik berbasiskan LED. Sehingga disamping display dot matrik melakukan tugas utamanya yaitu menampilkan tulisan, display dot matrik juga memancarkan audio yang telah dimodulasi lewat cahaya yang dipancarkannya. Agar dapat didengarkan oleh pengunjung maka tiap pengunjung diberi receiver yang bersifat mobile. Diharapkan dengan peng-intregrasi-an dua sistem tersebut dapat mengurangi noise dalam ruang pameran.
Alat ini juga cocok sebagai automatic guide pada museum. Dengan memasang alat ini diatas objek museum seperti patung atau lukisan, maka pihak museum tidak perlu guide untuk menerangkan objek tersebut pada pengunjung. Karena ketika pengunjung melihat sebuah lukisan dan receiver yang dibawa dalam posisi lurus (Line of sight) dengan dot matrik maka ia akan menerima informasi secara automatis tentang objek tersebut. Alat ini juga cocok digunakan di toko sebagai pemancar informasi bagi pengunjung seperti info diskon, produk baru dan lain-lain. Selain itu alat ini juga cocok untuk papan informasi plus di jalan raya karena dapat digunakan untuk menampilkan pesan – pesan peraturan lalu lintas dan dapat memberikan informasi kemacetan di daerah lain lewat audio yang dipancarkan.

1 komentar:

  1. punya artikel lengkap cara membuat nya gk bro. yg pake ATmega 8535.. thanks..
    munady_22@yahoo.co.id. kirim ya kalo ada..

    BalasHapus