Kamis, 26 Agustus 2010

Memasang kabel Jaringan

Beberapa hari yang lalu kabel jaringan saya putus sehingga saya harus mengganti dengan yang baru, di karenaka saya nggak pernah utak-utik jaringan maka saya kebingungan dalam memasang urutan kabelnya. setelah itu saya cari buku dan brosing di internet akhirnya saya dapat menemukan cara memasang kabel jaringan.supaya teringat terus maka saya tulis di blog ini dan barang kali bermanfaat juga bagi pembaca.

Cara pemasangan kabel jaringan pada umumnya dibagi menjadi dua, yaitu straight dan cross. Pemasangan kabel jenis straight jika jaringan menggunakan switch hub (lebih dari dua computer). Urutan warna dalam pemasangan kabel jenis straight atau cross adalah seperti dibawah ini :
straight2 Memasang kabel jaringan
Kabel STRAIGHT
cross1 Memasang kabel jaringan
Kabel CROSS
Hal lain yang tidak kalah penting adalah pemilihan kabel UTP. Jaman sekarang sudah banyak sekali produsen kabel UTP dan terdiri dari bermacam-macam merk. Kejelian pemilihan kabel akan berpengaruh pada kualitas jaringan (komputer) yang kita kerjakan. Jika kita memakai kabel yang biasa (atau murahan) hanya bisa digunakan untuk jaringan komputer dengan jarak dekat (dibawah 20 meter). Bukan berarti tidak bisa dipakai untuk jarak diatas 20 meter. Sedangkan jarak yang melebihi 50 meter sebaiknya kita memilih kabel dengan kualitas bagus. Tips dari saya tentang cara memilih/ memastikan kabel tersebut bagus atau tidak adalah sebagai berikut :
  • Potong kabel UTP kira-kira 1 cm
  • Ambil obeng (yang ada magnetnya) dan dekatkan pada potongan kabel tadi
  • Jika potongan kabel menempel pada obeng maka kabel tersebut bukan dalam kategori kabel UTP yang bagus. Alasannya, penghantar yang bagus itu tidak mengandung besi tapi murni tembaga.
Atau kalau masih ngotot memakai kabel UTP yang biasa dengan jarak antar komputer yang lumayan jauh (misalnya 30 meter) bisa menggunakan semacam trik. Tapi hanya bisa digunakan untuk jenis pemasangan kabel straight saja.
Kabel UTP berisi 8 buah kabel (dengan perbedaan warna yang telah saya jelaskan sebelumnya). Potong kabel dengan nomor urut 4,5,7 dan 8 (menurut urutan warna diatas). Jadi yang tertinggal hanya kabel nomor 1,2,3 dan 6. Keempat kabel tersebut kita pasang straight dengan urutan seperti di bawah ini :
1 disambungkan ke 1
2 disambungkan ke 2
3 disambungkan ke 3
6 disambungkan ke 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar